Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
by-sensory

by-sensory

Memburu Sunset di Pantai Melur, Batam

Memburu Sunset di Pantai Melur, Batam


Pantai Melur terletak di sisi barat Pulau Galang, Barelang, Tanjung Pinang, tidak jauh dari bekas kampung pengungsi dari Vietnam. Letaknya sekitar 45 kilometer di sebelah selatan Pulau Batam. Pantai ini termasuk salah satu objek wisata pantai andalan di Kepulauan Riau yang sering dikunjungi wisatawan.


Pantai Melur berukuran tidak terlalu luas. Lebar pantai hanya sekitar 20 hingga 30 meter dengan panjang 100 hingga 200 meter. Pandangan yang sedikit terbatas itu disebabkan karena pantai ini diapit oleh dua daratan yang menjorok ke laut. Garis pantai terlihat jelas karena pantai ini tidak begitu laus. Terlepas dari itu, kejernihan air serta keindahan hamparan pasir putihnya cukup membuat para wisatawan tertarik berjemur di pantai ini. Gunakan jasa sewa mobil jika berada di Pantai Melur.


Ombak di pantai ini tidak ganas sehingga cukup aman jika para pengunjung ingin bermain air di pantai. Faktanya, daratan di Pantai Melur landai serta tidak berkarang. Maka dari itu, pengunjung bisa berenang hingga jarak setengah kilometer dari bibir pantai. Bahkan, jika memungkinkan, wisatawan bisa melakukan aktivitas berlayar di sini. Di sekitar pantai, pengunjung dapat menemukan penjual minuman air kelapa muda segar, sajian makanan laut seperti ikan laut, kepiting, dan cumi-cumi, serta kuliner khas Melayu.


Di antara semua faktor pendukung wisata Pantai Melur, panorama senja adalah hal yang diunggulkan dari objek wisata ini. Memang, pengunjung disarankan datang pada sore hari untuk menghindari terik matahari. Selain itu, mereka bisa melihat pemandangan matahari terbenam yang sangat menawan. 


Saat-saat senja, dapat pula dijumpai perahu nelayan (pompong) parkir di bibir pantai. Suasana Pantai Melur termasuk sepi untuk ukuran wisata pantai sehingga jika wisatawan ingin mencari ketenangan dari hiruk pikuk keramaian kota, sangat disarankan datang ke pantai pada hari-hari biasa.


Satu cerita menarik tentang Pantai Melur masih umum diceritakan oleh para warganya. Alkisah, pengungsi Vietnam yang terkenal dengan sebutan Manusia Perahu terdampar di beberapa pulau di sekitar Pulau Batam, termasuk di pesisir Pantai Melur. Mereka lari dari negara mereka karena kala itu sedang terjadi perang saudara di Vietnam. Sewa mobil Batam yang paling murah untuk berlibur ke Batam jangan lupa mengunjungi Ocarina  Park. Disini Anda bisa bermain diberbagai wahana yang sangat menakjubkan.


Pengungsi-pengungsi dari Vietnam tersebut lantas mendirikan perkampungan pengungsi di Pulau Galang yang letaknya sekitar satu kilometer dari Pantai Melur. Situs wisata sejarah di Desa Sijantung, Pulau Galang, tersebut masuk dalam rekomendasi tempat wisata Batam. Sebagai tambahan informasi, PBB memang menginstruksikan Indonesia untuk memberikan tempat berteduh para pengungsi di Pulau Galang. Kebetulan, saat itu, pulau tersebut tidak berpenghuni.


Tidak dipungut biaya masuk untuk bisa menikmati keindahan Pantai Melur dari dekat. Untuk mencapai objek wisata ini, wisatawan perlu menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil karena belum ada kendaraan umum yang mempunyai rute menuju Pantai Melur.

 


Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe: