Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
by-sensory

by-sensory

Sewa Mobil Solo ke Taman Wisata Sondokoro, Taman di Tanah Legenda

Sewa Mobil Solo ke Taman Wisata Sondokoro, Taman di Tanah Legenda

Penyedia jasa sewa mobil Solo menawarkan paket wisata ke Taman Wisata Sondokoro di Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar. Taman ini adalah salah satu one-stop-tourism-resortterlengkap yang edukatif sehingga cocok untuk anak-anak dan keluarga.

Taman Wisata Sondokoro mempunyai wahana hiburan, kebun binatang, program wisata ke pabrik gula, dan program wisata keliling kompleks. Anda bisa mengelilingi kompleks Taman Wisata Sondokoro dengan menggunakan kereta uap.

Agrowisata Sondokoro diaktifkan sebagai tempat wisata pada tahun 2005. Menurut sejarahnya, KGPAA Mangkunegara IV mendirikan Pabrik Gula Tasikmadu pada tahun 1871. Kompleks Sondokoro berdiri di lahan pabrik ini. Sebelum mendirikan PG Tasikmadu, KGPAA Mangkunegara IV, pada tahun 1861, mendirikan Pabirk Gula Colomadu. Kedua pabrik yang didirikan oleh Raja Pribumi ini tentu saja menjadi salah satu sumber kebanggaan masyarakat setempat. Tempat ini dapat dijangkau dengan sewa mobil Solo IxoTransport.

Wilayah Sondokoro mempunyai legenda menarik. Alkisah, dua orang murid Padepokan Padas Plapar, Sondo dan Koro, menimba ilmu tingkat tinggi di padepokan itu. Usai lulus dari padepokan, mereka berdua kembali ke desa masing-masing. Mereka tinggal berdekatan namun terpisah hutan belantara. Saat pulang ke rumah, mereka berdua sudah bergelar Kyai.

Suatu ketika, seorang Tumenggung bernama Joyo Lelono merambah hutan untuk berburu kijang. Dia memang hobi berburu. Saat berkelana di dalam hutan, dia bertemu dengan Kyai Sondo. Keduanya berbincang-bincang hingga diketahui bahwa Kyai Sondo mempunyai seorang anak yang cantik jelita. Anak itu bernama Sri Widowati. Tumenggung Joyo Lelono yang jatuh cinta kepada Sri Widowati berjanji akan membawa anak Kyai Sondo tersebut ke Tumenggungan pada hari Senin Legi.

Beberapa waktu kemudian, Tumenggung Joyo Lelono kembali berburu ke hutan. Saat mengejar buruannya, dia bertemu dengan gadis cantik yang dikiranya adalah Sri Widowati. Gadis tersebut sedang berada di sungai. Gadis itu lari ketakutan dikejar Joyo Lelono. Gadis itu kemudian menceritakan pengalamannya dikejar seseorang kepada Kyai Koro, ayahnya. Sejurus kemudian, Sang Tumenggung sampai ke kediaman Kyai Koro. Singkat cerita, Joyo lelono meminang putri Kyai Koro.

Anak-anak Kyai Sondo dan Kyai Koro sudah berteman akrab sejak lama. Saat mereka berbincang-bincang, keduanya akhirnya mengetahui bahwa mereka berdua telah dipinang oleh Tumenggung Joyo Lelono. Mereka berdua langsung berselisih pendapat. Keduanya langsung melapor kepada ayah masing-masing.

Kyai Sondo dan Kyai Koro tidak terima dengan peristiwa tersebut. Mereka marah dan saling menantang satu sama lain. Demi membela putri masing-masing, mereka bertarung selama 40 hari 40 malam. Mereka berdua sama-sama mati sampyuh atau musnah.Desa tempat kedua kyai tersebut bertarung kini dinamakan Desa Sondokoro. Hubungi Jasa Sewa Mobil Solo untuk berwisata ke Sondokoro.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post