Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
by-sensory

by-sensory

Rental mobil solo jogja semarang ke Mangrove Baros : Menilik Ragam Ekosistem Pantai Bakau

Rental mobil solo jogja semarang ke Mangrove Baros : Menilik Ragam Ekosistem Pantai Bakau

Paket rental mobil solo jogja semarang yang murah meriah. Lokasi wisata kali yang akan kami jabarkan kali ini berada di dekat wisata alam Pantai Parangtritis. Adalah Mangrove Baros, sebuah hutan bakau yang dikembangkan sebagai habitat kepiting bakau. Wisata ini menawarkan tambahan pengetahuan seputar hutan bakau serta pengalaman menanan berbagai jenis tumbuhan bakau.

Hutan Bakau Baros terletak di dusun Baros, desa Tirtohargo, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mencapai hutan ini, wisatawan hanya perlu naik transportasi menuju arah Pantai Parangtritis atau Pantai Samas. Hutan ini berada di aliran sungai Opak yang muaranya ada di Pantai Samas.

Di sepanjang jalan menuju hutan bakau, wisatawan akan menjumpai padang ilalang luas. Sekawanan kambing terkadang terlihat mencari makan di sana. Baru setelah beberapa saat perjalanan, pengunjung sampai di hutan bakau.

Tumbuhan bakau berfungsi untuk mencegah abrasi dengan cara meredam lajunya. Kemampuan tumbuhan bakau untuk meredam gelombang tsunami juga tidak boleh diremehkan. Tumbuhan jenis rhizopora ini mampu meredam hingga 60% gelombang tsunami.Fungsi lainnya yaitu menetralisir bahan kimia jahat dan menurunkan kadar gas karbondioksida di udara.

Tumbuhan bakau hidup di daerah air payau atau rawa-rawa. Tinggi tanaman bakau rata-rata 5 hingga 30 meter. Puluhan burung menjadikan tanaman bakau itu tempat bertengger.

Selain Rhizophora, ada tumbuhan Nypha, Avicennia, dan Brugueira. Lalu, ada 49 jenis burung yang terdiri dari burung Seylla, Uca, Gelodok, burung kuntul putih, burung kuntul hitam, dll. Sementara itu, hewan air yang berkembang biak di sini adalah udang, kerang, ikan, dan kepiting.

Wisatawan dapat memanfaatkan sewa perahu untuk menjelajahi muara sungai Opak. Perahu berkapasitas hingga 14 orang dewasa itu akan mengajak para wisatawan menyusuri sungai sejauh 1,5 kilometer. Jika menggunakan jasa rental mobil solo jogja semarang Anda bisa menuju objek wisata lain.

Wisata edukatif lainnya yang dapat dijajal adalah keliling area persawahan dan desa dengan menggunakan kereta mini, naik perahu wisata, mencari ikan di sungai, menangkap ikan di sawah, belajar tambak udang, belajar Hibrid, menanam pohon, dan membuat telur asin.

Pemerintah Daerah setempat berencana membangun kawasan Mangrove Baron sebagai tujuan wisata pantai Jogja dan tempat reservasi ekosistem Pantai Baros. Pemda menggalakkan budidaya kepiting dengan cara menebar sekitar 3.000 benih kepiting (kroyo). Dengan bantuan pemda, warga setempat didorong untuk membudidayakan kepiting bakau.

Pantai Baros cocok dikunjungi oleh orang-orang yang menginginkan sebuah wisata edukatif di kawasan pantai; melihat fauna dan flora ekosistem bakau, turut andil dalam pelestarian lingkungan kawasan bakau, atau berkelana melihat pemandangan desa dan pantai bakau.Tempat ini tidak disarankan untuk bermain air karena masih dalam lingkungan tinggal nelayan Baros. Fasilitas berupa jembatan kecil, gardu jaga, dan jalan setapak memudahkan pengunjung untuk melakukan aktivitas melepas kepenatan di Pantai Baros. Segera pesan mobil di sewa mobil solo jogja semarang di website docar.co.id

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post